Sabtu, 19 September 2015

Inilah Makanan Penakluk Hipertensi

kategori hipertensi
bagaimana cara mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi? perhatikan akibat pengukuran tekanan darah. angka pertama dari akibat pengukuran merupakan tekanan darah sistolik, yang berarti ukuran tekanan dalam arteri ketika jantung anda berdenyut. kemudian angka yang berikutnya merupakan tekanan diastolik yang mengindikasikan tekanan di antara detak jantung ketika jantung anda beristirahat. tekanan darah tata caral merupakan kurang dari 120/80
ketika akibat pengukuran tekanan darah melebihi kisaran tata caral, maka dapat dikategorikan sebagai berikut:
prahipertensi. tekanan darah yang berkisar antara 120-139 untuk angka sistolik atau 80-89 untuk tekanan diastolik.
hipertensi tahap 1. jika tekanan sistolik anda 140-159 atau tekanan diastolik 90-99.
hipertensi tahap 2. pada ketika tekanan sistolik 160 atau lebih tinggi atau tekanan diastolik 100 atau lebih tinggi.
kenali makanan anda
sebagian orang tidak menyadari apa saja yang mereka makan tiap hari, apalagi kandungannya. bagi anda yang ingin menjaga tekanan darah pada kisaran tata caral, dapat mulai menjalani kebihasratan mencermati asupan makanan dan kandungannya.

makanan yang tinggi kandungan sodium dapat meningkatkan tekanan darah. makin sedikit sodium yang anda konsumsi, maka makin terkendali tekanan darah anda. sebaliknya dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium, magnesium, dan serat dapat membantu anda mengendalikan tekanan darah.

makanan tinggi sodium antara lain makanan kemhasratn dalam kaleng, makanan diproses, dan makanan siap saji. jika perlu, buat catatan harian untuk mengukur porsi garam dalam makanan yang anda konsumsi. jika anda mengonsumsi makanan dalam kemhasratn, baca labelnya. pilih makanan dengan kandungan sodium harian 5 persen atau kurang, hindari yang mengandung sodium 20 persen atau lebih.

selain garam, batasi juga kecap asin yang anda gunakan ketika memhasratk di dapur. contoh makanan yang mampu mengandung garam yang tinggi merupakan roti, saus tomat, saus sambal, camilan kerupuk dan kacang yang telah dibumbui. batasi juga frekudapan manisnsi anda makan di luar alhasratnnya merupakan cara terbaik meg) penderita kejang demam.2